Sunday, December 25, 2011

Si Tomat yang Bikin Sperma Gesit

 

Tidak diragukan lagi, buah tomat sangat kaya akan manfaat. Bagi pria-pria yang memiliki masalah dengan kesuburan, tidak ada salahnya melirik buah ini karena kandungan senyawa tertentu di dalamnya bisa membuat sperma makin berkualitas.

Khasiat tomat bagi kesuburan pria bisa didapatkan dalam bentuk buah segar, sup tomat maupun sambal atau saus tomat. Makin merah warna tomatnya, makin besar manfaatnya dalam meningkatkan kualitas maupun jumlah sperma yang dihasilkan seorang pria.

Para peneliti dari University of Portsmouth pernah meneliti kandungan tomat dan telah mempublikasikannya dalam British Journal of Urology tahun 2008. Dalam penelitian tersebut, terungkap bahwa senyawa yang bisa menyuburkan sperma adalah likopen atau zat warna merah pada tomat.

Eksperimen terhadap 6 pria sehat dengan usia rata-rata 40-an tahun menunjukkan, konsumsi likopen dalam bentuk semangkuk sup tomat setiap hari menunjukkan hasil memuaskan. Konsumsi rutin selama 2 pekan mampu meningkatkan kualitas sperma hingga 7-12 persen.

Meski tidak diketahui pasti apa fungsi likopen bagi sperma, namun diyakini efek tersebut berhubungan dengan sifatnya sebagai antioksidan. Dalam sistem reproduksi pria, likopen diyakini bisa menangkal radikal bebas pemicu ketidaksuburan pada pria.

Kandungan likopen dalam buah tomat beserta manfaatnya sebagai antioksidan sudah banyak diketahui sebelumnya, terutama dalam hal pencegahan kanker. Namun bagi sistem reproduksi pria, efeknya baru terungkap pertama kalinya dalam penelitian ini.

Selain dalam buah tomat, senyawa likopen juga bisa ditemukan dalam buah-buah lain yang memiliki warna merah. Dikutip dari Telegraph, Senin (2/4/2011), jenis buah yang banyak mengandung likopen antara lain semangka, jeruk bali, pepaya dan jambu biji.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment