Friday, November 18, 2011

Tips sederhana teknik login yang aman


Kejahatan di dunia internet semakin berkembang, salah satunya adalah dengan menginstall sebuah software dikomputer seseorang, atau dikomputer rental (Warnet), dengan maksud tujuannya adalah, bila seseorang membuka acount website atau email seperti facebook, tweeter, gmail, atau yahomail dll. Username dan pasword yang dimasukkan dengan cara mengetik melalui keyboard akan terekam dan langsung terkirim ke email orang yang menginstall software tersebut, sehingga orang tersebut dapat membuka situs atau email seseorang.
Sebuah program canggih sedikit lebih dari jenis ini juga menangkap teks dari jendela dan membuat screenshot (mencatat segala sesuatu yang ditampilkan di layar) – sehingga informasi yang ditangkap bahkan jika pengguna tidak mengetikkan apapun, hanya membuka  file tersebut. Program ini disebut Keylogging Program (keyloggers, key logger, keystroke logger, perekam kunci, penjerat kunci, program mengambil tombol, dll) Mereka membentuk inti yang paling berbahaya dari spyware disebut.

Dengan banyaknya fasilitas di Internet yang membutuhkan akses masuk (login) seperti email, akses web server maupun account lainnya, maka kita harus lebih berhati-hati, apalagi jika account kita sangat rahasia dan berharga.

Hal ini terutama jika kita sering login melalui komputer orang lain atau warnet. Salah satu aplikasi yang harus diwaspadai adalah “keylogger”. Aplikasi ini biasanya berjalan sembunyi yang tujuannya merekam huruf demi huruf yang diketik oleh pengguna komputer, yang selanjutnya bisa dikirim ke alamat tertentu atau untuk dilihat nantinya. Jika kita dalam proses login (mengetik Username dan Password misalnya), dan ternyata ada keylogger di komputer tersebut, maka username dan Password yang diketik akan terekam, sehingga sangat mudah account kita sudah menjadi milik orang lain. Wah bisa gawat kalau begini… 

Jika kita mempunyai account yang banyak, maka ada baiknya kita gunakan software khusus, seperti Keepass Password Safe, Password Safe dan aplikasi sejenisnya. Tetapi terkadang pemakaian tools tersebut tidak praktis (merepotkan) atau mungkin terlupa tidak membawa aplikasi tersebut. Berikut ada alternatif tips untuk login: 
  • Beri fokus dimana saja (yang bisa untuk menulis huruf), selain di tempat menulis username/password 
  • Ketikkan huruf secara acak 
  • Sekarang tulis di tempat username/passsword satu atau beberapa huruf 
  • Ulangi mengetik di luar kotak password dengan huruf acak dan kembali meneruskan mengetik
    username/passwordnya 
  • Proses itu diulangi sampai menulis username/password selesai
Dengan Tips di atas, walaupun username dan password kita bisa terekam oleh keylogger, tetapi sudah bercampur dengan huruf acak yang kita tulis. Dan ini tentu akan mempersulit orang yang mungkin akan mencuri password kita.
Memang agak ribet tapi gak ada salahnyakan dicoba buat keamanan kita .... :)
Atau kita bisa instal aplikasinya untuk mencegah keylogger yaitu Antikeylogger.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment